Mengenakan hijab tidak membatasi ruang gerak kita untuk bereksplorasi, termasuk untuk berolahraga. Meski memakai baju tertutup dari ujung kepala sampai ujung kaki, kita tetap bisa beraktivitas dengan pilihan busana dan hijab yang tepat. Namun, tak bisa dipungkiri terkadang memadupadankan hijab dan pakaian olahraga memang cukup menantang. Kami membutuhkan model hijab sporty yang praktis tapi tetap menutupi aurat dengan baik.

Kali ini, All Things Hair Team membagikan inspirasi gaya hijab sporty yang nyaman digunakan bahkan dalam gerakan aktif. Berikut inspirasi model hijabporty untukmu!

1. Hijab Instan Spesial untuk Olahraga.

Seorang wanita mengenakan jilbab instan dan melakukan peregangan sebelum olahraga.
Kini ada banyak pilihan hijab instan khusus olahraga yang bisa kamu coba. (Foto: Shutterstock)

Sekarang ini banyak hijab instan yang di buat khusus untuk olahraga. Berbagai jenis bahan ditawarkan agar kulit kepala bisa bernafas meski sudah tertutup hijab. Begitu juga dengan desainnya. Hijab instan untuk olahraga didesain simpel sehingga tidak mengganggu pergerakan saat berolahraga.

Pilih hijab instan yang desainnya sesuai dengan bentuk wajahmu. Pertimbangkan juga pemilihan bahan. Pilih hijab dengan bahan yang menyerap keringat dan fleksibel.

2. Hijab Kotak dengan Gaya Sederhana.

Seorang wanita Asia mengenakan jilbab persegi panjang hitam dan gaya sporty.
Hijab segi empat voile bisa jadi pilihan untuk berolahraga. (Foto Shutterstock)

Anda tetap bisa memakai hijab segi empat untuk berolahraga. Namun, pastikan memilih hijab segi empat dengan bahan yang ringan dan suka menyerap keringat kain pual. Pilih gaya hijab yang simpel dan kasual, tanpa menggunakan peniti. Banyak peniti yang dapat membahayakan Anda saat Anda banyak bergerak.

3. Hijab Pashmina Ringan.

Wanita berhijab sedang melakukan plank di gym
Hijab panjang light juga bisa digunakan untuk berolahraga. (Foto: Shutterstock)

Bisa juga menggunakan pashmina asalkan bahannya tidak kental. Bahan yang terlalu tebal akan cepat membuat tubuh Anda gerah dan kepala tidak nyaman. Pilih bahan yang ringan dan 'jatuh', seperti sifon, viscose, atau voile. Kenakan hijab dengan gaya yang simpel, agar Anda nyaman bergerak.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat memilih hijab untuk berolahraga, seperti desain dan bahannya. Namun, yang tak kalah penting dari pemilihan gaya adalah perawatan rambut bagi yang berhijab. Olahraga dengan rambut tertutup akan membuat keringat tersendat. Rambut lepek hingga ketombe bisa jadi masalah hijabers usai berolahraga.

Untuk itu, pastikan Anda merawat rambut dengan sampo yang tepat. Keramas rambut Anda menggunakan Sunsilk Hijab Recharge dan Refresh Volume Shampoo setelah setiap olahraga. Kandungan strawberry dan daun mint dalam shampo ini membantu untuk menjaga kesegaran rambut dan kulit kepala Anda. Sunsilk Hijab Recharge dan Refresh Volume Shampoo Ini juga membantu mencegah rambut tertutup keringat yang tertutup hijab saat berolahraga.

Rambut yang terawat rapi dan kulit kepala yang bersih akan membuat kita lebih leluasa dalam memilih model hijab untuk olahraga.

4. Hijab Pashmina a la Malaysia.

Seorang wanita dengan model hijab sporty sedang membawa barbel.
Model hijab yang menonjolkan rahang wajah terlihat praktis dan cocok untuk olahraga ringan. (Foto: Shutterstock)

Hijab pashmina ala hijabers Malaysia juga bisa jadi pilihan untuk olahraga. Hijabers Malaysia biasanya memakai pashmina dengan dahi yang rapat, sehingga bisa membuat aktivitas bergerak lebih nyaman. Model hijab ini juga hanya membutuhkan satu peniti di bagian belakang. Ikat pashmina di belakang leher dengan rapi agar tidak mudah lepas.

Biasanya hijabers Malaysia menggunakan hijab sifon atau satin. Agar nyaman dipakai saat olahraga, pilihlah hijab jenis chiffon yang bau atau menggantinya dengan baju hijab. Hijab berbahan satin tidak cocok untuk olahraga karena teksturnya yang licin. Model hijab sporty Anda dapat memilih ini untuk yoga atau kardio.

5. Hijab Menutupi Dada.

Wanita berjilbab pashmina menutupi dada dengan gaya kasual.
Hijab pashmina bisa dibuat untuk menutupi dada dengan gaya ini. (Foto: Shutterstock)

Jika berolahraga di ruang terbuka, pastikan hijab masih menutupi aurat dengan baik. Anda bisa memilih model hijab sporty tutup dada dengan gaya sederhana. Pilih pashmina atau kaos viscose. Setelah memasang hijab dengan peniti atau peniti di bawah dagu, silangkan pashmina, tarik ke belakang dan tarik ke depan lagi sehingga jatuh ke dada. Gaya ini cocok untuk kamu yang mau jogging di pagi hari.

6. Hijab Hoodie.

Wanita mengenakan gaya hijab sporty dan jaket hoodie
Hoodie pada jaket sport bisa digunakan untuk mempermanis hijab. (Foto: Shutterstock)

Anda juga bisa memaksimalkan fungsi hoodie pada jaket olahraga yang Anda kenakan. Hoodie bisa dipakai sebagai penutup kepala bergaya. Tetap kenakan hijab di bagian dalam.

Pilih hijab yang ringan dengan tambahan ciput yang unik agar penampilan Anda terlihat berbeda. Saat ini banyak sekali jenis ciput yang di jual di pasaran, salah satunya adalah ciput asimetris yang sempat hits beberapa tahun lalu. Model hijab sporty seperti ini cocok bagi Anda untuk memilih berolahraga baik di dalam maupun di luar ruangan.

7. Hijab sorban.

Seorang wanita dengan gaya hijab turban dengan ekspresi ceria
Sorban menjadi pilihan model hijab sporty yang praktis. (Foto: Shutterstock)

Hijab sorban memiliki bentuk yang praktis sehingga cocok untuk olahraga. Pakai ciput ninja untuk menutupi leher. Pilih model turban yang simpel dan tidak menggunakan banyak peniti. Pastikan sorban terpasang dengan kuat di kepala Anda dan tidak mudah lepas saat Anda bergerak.

Anda juga bisa memilih turban instan yang banyak dijual di pasaran. Pilih sorban dengan bahan kaos untuk menyerap keringat. Anda juga bisa menambahkan bandana di atas sorban untuk menambah kesan sporty. Anda bisa memilih sorban untuk latihan yoga hingga zumba.

8. Lapisan Hijab.

Wanita mengenakan jilbab sporty untuk tenis
Gaya hijab layer cantik ini bisa digunakan untuk olahraga. (Foto: Shutterstock)

Anda tetap bisa berkreasi dengan hijab saat berolahraga. Salah satunya adalah gaya yang satu ini. Gunakan hijab persegi yang terbuat dari bahan katun atau voile yang bernapas dan ringan. Untuk merekatkan lapisan hijab, Anda membutuhkan bros atau peniti. Hindari penggunaan peniti karena mudah lepas.

Namun gaya lapis hijab ini tidak cocok untuk semua olahraga. Kenakan gaya hijab ini untuk olahraga dengan gerakan yang tidak terlalu intens seperti yoga, joging, atau tenis.

9. Hijab Pashmina dengan gaya yang simpel.

Wanita kulit hitam mengenakan jilbab pashmina ungu
Kenakan pashmina sederhana seperti ini untuk olahraga. (Foto: Shutterstock)

Apakah Anda lebih suka memakai kerudung atau jilbab pashmina? Anda juga masih bisa menggunakannya untuk berolahraga. Pilih pashmina dengan bahan ringan dan bernapas seperti viscose atau voile.

Anda bisa melewati pashmina dan menariknya kembali. Jika bahan hijab didominasi kapas, hijab tidak akan mudah bergerak dan menempel di kepala. Gaya hijab ini juga bisa Anda gunakan untuk jalan-jalan, tidak hanya untuk berolahraga.

10. Bahan Baju Hijab Instan.

Wanita berjilbab bersiap untuk berlari di arena olahraga
Hijab sport terbuat dari bahan kaos yang nyaman. (Foto: Shutterstock)

Saat berolahraga, kulit kepala juga berkeringat. Tentunya kita tidak ingin rambut kita lepek karena tertutup hijab saat berolahraga. Hal tersebut bisa kita cegah dengan memilih hijab berbahan kaos yang menyerap keringat dengan baik.

Saat ini banyak sekali jilbab instan berbahan kaos yang banyak di jual di pasaran. Modelnya bervariasi. Pilih bahan kaos yang ringan dengan lebih banyak serat kapas Iya. Dengan begitu, bahannya lebih sejuk dikepala, jadi tidak mengganggu aktivitas olahraga kamu. Pilih juga hijab instan dengan motif yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Tips Editor: Menurut penelitian, kulit kepala di balik hijab bersuhu 0,5 derajat. Untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap terawat, gunakan shampoo yang diformulasikan khusus untuk hijabers seperti CLEAR Hijab Pure Anti Ketombe + Perawatan Rambut Rontok. Teknologi gel pendingin pada sampo ini akan membantu menjaga kesegaran kepala Anda saat berolahraga.

11. Hijab Instan Syar & # 39; i.

Wanita berhijab panjang dan kemeja jubah memakai kacamata merah
Hijab syarí untuk olahraga berbahan nyaman. (Foto: Silmia Putri)

Buat kamu yang berpenampilan syar'i, bisa memilih hijab instan untuk berolahraga. Saran kami, pilih model sederhana dengan bahan yang ringan ya. Kurang lebih seperti foto diatas, bahannya adalah kaos sederhana tanpa banyak detail.

Hindari bahan sifon untuk berolahraga, karena baik sifon maupun polycotton tidak menyerap keringat dengan baik. Anda akan merasa lebih hot dengan hijab ini.

12. Model Hijab Sporty dengan Topi.

Wanita yang mengenakan jilbab mengenakan topi dan pakaian olahraga
Gaya hijab sporty dengan topi. (Shutterstock)

Buat kamu yang suka olahraga outdoor yuk coba deh mencampur dan mencocokkan hijab dengan topi. Syarat utamanya adalah jangan menggunakan sanggul atau ikat rambut yang terlalu besar, sehingga topi pas di kepala Anda.

Kamu bisa menggunakan hijab paris di lemari pakaianmu, atau bahan nyaman lainnya seperti bahan voile atau kaos. Styling hijab sesederhana mungkin agar tidak mengganggu aktivitas olahraga Anda. Gaya ini cocok untuk jogging di pagi hari.

Dengan gaya hijab bergaya, Anda bisa lebih semangat berolahraga. Pilihan hijab yang tepat akan membuat Anda lebih leluasa bergerak. Jangan lupa sesuaikan model hijab dengan intensitas gerakan senam kamu ya!



Source link